Kamis, 06 November 2014

Beberapa Tips Bagaimana Memilih Seller yang Baik dan Responsif

Om dan Tante gemar berbelanja online? Ataukah baru akan berniat mencoba menjual/membeli barang di internet? khususnya di https://bukalapak.com , Stop!!! … Luangkan waktu Anda sebentar untuk membaca tips n triks singkat dari saya agar terhindar dari rasa kekecewaaan yang akan anda alami.


Rata-rata seller didunia jual beli online pastilah akan menerapkan berbagai macam gaya persuasif atau merayu calon pembeli , jangankan seorang buyer pemula newbie, mereka yang sudah lama bergelut di dunia onlinepun , yang senior ada juga yang masih merasa kecewa waktu membeli , termasuk saya sendiri juga pernah merasakan gak enaknya , ada rasa kecewa membeli barang yang gak sesuai harapan atau pernah bertanya melalui kirim pesan inbox , e eh baru di jawab setelah 1 x 24 jam , makanya saya menulis topik ini agar rekan rekan Om dan Tante bisa terhindar dari yang namanya kekecewaan dalam membeli secara online ,


Dalam hal perencanaan membeli barang kita harus selektif dalam memilih seller yang baik dan responsif , beberapa tips-nya adalah sebagai berikut :

.
1) Untuk menghindari kekecewaan biasakan Anda menggali lebih dalam siapakah seller yang akan Anda ajak bertransaksi. Jika Anda punya nama atau username si penjual Anda bisa nanya-nanya kepada om Google dengan kata kunci nama atau username si penjual atau jika Anda punya akun di Bukalapak ini tentunya anda bisa langsung kirim pesan inbox kepada si penjual , dari kecepatan dan cara menjawab sudah bisa kita pastikan kriteria si seller tersebut, ,
.
2) Nah bagaimana jika anda sebagai pembeli Quick Buy ? Tentunya anda bisa menyelidiki karakteristik si penjual dengan cek satu persatu isi keterangan feedback-nya , anda harus bersabar dan jangan malas untuk meluangkan waktu membaca satu persatu isi feedback si penjual , kalau ternyata feedbacknya sangat banyak , anda cukup membaca sampai dengan 5 halaman saja plus ditambah anda harus teliti cek persentase feedback yang posisinya berada dibawah badge username tersebut
.
3) Ada lagi tips yang bisa dijadikan patokan yaitu anda bisa juga cek berapa kali si seller ini menolak pesanan yang tertera dibawah keterangan login.
.
4) Toko online di Bukalapak yang dapat dipercaya (bukan toko online abal-abal) biasanya memiliki desain lapak banner yang bagus dan tidak asal-asalan juga tidak melanggar peraturan Bukalapak yaitu dengan tidak mencantumkan apapun yang berbentuk alamat website, nomor handphone , alamat toko ,id sosmed BBM, twitter, instagram , facebook , dll ,baik itu di gambar lapak banner , pada judul iklan maupun di dalam deskripsi iklannya. Karena hal ini jelas bertentangan dengan kebijakan Admin Bukalapak .
.
5) Toko Online di Bukalapak yang serius berdagang secara jujur , aktif , responsif , banyak juga yang selalu mencantumkan nama sendiri didalam username lapaknya, karena baginya nama asli itu penting akan mendatangkan respon dan respect yang baik dari pelanggan lapaknya. Sehingga jangan heran kalau anda sering menyaksikan isi feedback dengan testimonial yang bagus dari para pembeli dilapaknya.
.
Nah Anda sebagai buyer harus Selektif , Proaktif dan Sensitif , ini sangat penting sebagai barometer calon buyer dalam hal perencanaan pembelian suatu produk, kalau ada yang mau ditambahan monggo sharingnya ya Om dan Tante yang kece.

NB : Buyer Quick Buy = pembeli yang bisa berbelanja langsung di Bukalapak tanpa daftar atau login.
.
.
salam sukses selalu

Andre Winata
Specialist Aksesoris Ponsel jadul
Cahayasuksestronik Shopping Online, Cirebon City





  1. 4
    Tambahan Penjelasan untuk point nomor 1 , yaitu Melihat Keprofesionalan Lapak dan Profil Penjual, Lapak penjual merupakan hal pertama yang akan dilihat pembeli, oleh karena itu, impresi penjual yang baik seharusnya juga tercermin dalam lapak yang baik dan profesional.

    Lapak yang baik dan profesional meliputi berbagai aspek yang utama jelas adalah tampilan dan desain yang baik serta kelengkapan detail produk yang ditawarkan serta keramah-tamahan si penjual.

    Penjual yang baik tentunya akan membuat lapaknya dan menawarkan produknya sebaik mungkin, tidak lain tidak bukan agar calon pembeli tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

    Tak hanya dalam pembuatan, pengembangan dan update lapak juga perlu diperhatikan. 

    Penjual yang terpercaya akan selalu memantau keadaan dan kondisi lapaknya, selalu mengupdate secara rutin dan memberikan keterangan jika ada perubahan. Pada kelengkapan sebuah lapak baik detail produk hingga kecepatan respon yang bisa dihubungi tetap harus dijadikan patokan sebagai penjual yang terpercaya.

    Lapak penjual yang mengecewakan pembeli , biasanya dibuat secara asal-asalan, meskipun ada juga yang membuat dan menampilkan lapak dengan baik untuk itu kewaspadaan dalam memilih lapak sangat penting. Penjual yang kurang baik responnya biasanya juga membuat lapak secara datar yaitu membuat isi lapak yang hampir sama semuanya dengan isi yang sama sekali tidak lengkap. Update lapak penjual yang kurang baik, juga kurang diperhatikan.

    Dalam hal pelayanan kepada pembeli juga turut bisa diperhatikan sebagai tolok ukur penjual yang terpercaya, nah setelah membaca trit dan komentar disini bagaimana pendapat Om dan Tante ?
    Avatar cse frame 500 x 500
  2. 3
    Iya om , saya selalu cek feedback si penjual sebelum membeli kalau semuanya 100% saya yakin pasti itu seller yang baik dan bertanggung jawab.
    2528065a6234d41f8aed9e0a6bc6c800?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
    1. 1
      Benar sekali thumbsup biasakan untuk meluangkan waktu memeriksa feedback si penjual.
      Avatar cse frame 500 x 500
  3. 3
    nice thread ! seller yang baik selalu jujur, ramah dan bertanggungjawab
    Altathu7wc52gcv7divfah ujbp0ke308ihc5eqrd kf9oo
    1. 2
      Terima kasih sudah mampir di trit saya ya… tante @putridhyka , karena anda sudah mampir disini saya kasih 1 x sebar backlink iklan … di iklan baris gratisan internet ,sudah saya send PM link-nya , semoga lapak jualan tante bisa laris manis , salam sukses selalu smiley
      Avatar cse frame 500 x 500
  4. 3
    tips yang bermanfaat nih buat yang awam
    Cewek
  5. 2
    Wadoooh ketinggalan hehehe
    cek feedback, foto lapak, responsif, dll xixixi
    Picmix 2942012 22020
    1. 1
      hahahaaa ini pasti kebanyakan ngupi ama ngudut ya om ?coffeesmoking

      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 1
        3N
        Ngudut, ngupi, ngintip jaaah
        Picmix 2942012 22020
  6. 2
    makasih tipsnya om
    F57e1dc9139e45fd58c18bd448fb8359?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
    1. 1
      Yup , makasih juga @adit_aan sudah mampir ya. smiley
      Avatar cse frame 500 x 500
  7. 2
    makasih infonya om , sangat bermanfaat sekali.
    C33fe6d9bd40ef742ace76548b90a759?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
  8. 2
    Nice Thread om , saya yakin masih banyak seller2 yang baik dan terpercaya karena mereka selalu ramah dalam menghadapi calon pembeli, sangat mudah memilih mana yang responsif dan mana yang malas respon-nya.
    94f149609cf34ed2abd8b5b1c1a7b8c4?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
    1. 1
      Iya om , masih banyak seller2 yang terpercaya dan mempunyai track record feedback yang 100% baik .
      Avatar cse frame 500 x 500
  9. 2
    duduk manis nyimak di pojokan :) vote om andre tipsnya
    Toko icon
    1. 1
      terima kasih sudah mampir di trit saya ya om @tokoada , orang yang bijaksana selalu pandai memanfaatkan waktu untuk mencari ilmu pengetahuan, orang yang kurang bijaksana selalu menghindar dari masalah.
      Avatar cse frame 500 x 500
  10. 2
    jadi malu om hehehe secara sering tolak order :D
    Bb
    1. 3
      Tolak order selalu bisa di mediasi oleh admin Bukalapak , apabila ternyata memang benar telah terjadi kekeliruan atau kesalah-pahaman oleh pembeli , maka seller dan buyer bisa menghubungi admin Bukalapak untuk memproses dan diberikan solusinya , sepanjang hal itu disertai dengan hati yang jujur dan bukan oleh karena niat tidak baik oleh salah satu pihak.
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 1
        siiip
        Cewek
  11. 2
    Tipsnya membantu sekali om
    Increase laptop performance
  12. 2
    +1 maksih sharenya om
    17
    1. 1
      seeep … nih ta kasih jempol gede smirk

      Avatar cse frame 500 x 500
  13. 2
    Super sekali berbaginya om, vote om andre jadi menteri seller smile
    19
    1. 2
      Menteri apa mantri om
      704f3ec8c4ed635278ba49e808db287d?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
      1. 1
        Kalo jadi mantri saya punya suster cantik yang siap menyuntik anda smirk

        Avatar cse frame 500 x 500
  14. 2
    Artikel yang inspiratif om Andre. thumbsup
    ijin nambahin ya om smile
    Paham akan produk yang dijual sehingga bisa memberi jawaban yang meyakinkan dan calon pembeli semakin yakin bertransaksi dengan seller tersebut.
    Logo asli 4
    1. 1
      terima kasih sudah ditambahkan , benar sekali product knowledge juga penting untuk penjual bisa semakin lancar mempromosikan produknya ke pembeli. salam sukses ya om @berkatfashion smiley
      Avatar cse frame 500 x 500
  15. 2
    Vote untuk sharingnya yang mantap om.
    47523f5a80679274f69395774c04ad3a?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
    1. 1
      terima kasih sudah mampir ya om obongsmiley
      Avatar cse frame 500 x 500
  16. 2
    Keren tipsnya Om Andre
    Milih photo profile seller nggak termasuk ya om ?
    Ji
    1. 2
      Emangnya kenapa om Haidar ? mentang mentang om Haidar lebih ganteng dari saya yah … pengen eksis di lapak banner ? hehehehee bole aja om, sapa tau ada buyer cantik kecantol ama si om Haidar si Raja Nomer Cantik sekabupaten Bekasi ….. huahahaaaaa hahaaa , nyolek tante @widiyarti aaah smirk
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 2
        hahaha jangan fitnah om , dosa … saya nggak ganteng kok
        masalahnya di offline ada yg cenderung spt itu … kayak macam yang jualan makanan berjajar gitu … biasanya yg “bersihan” lebih rame….
        Ji
        1. 2
          Saya bingung , maksud om Haidar “Bersihan” itu termasuk trik jualan , kalo tampang klimis gitu mungkin bisa menarik perhatian pembeli ?

          Avatar cse frame 500 x 500
          1. 1
            offline om … entahlah brp %
            tergantung barang yg dijual juga om … jangan minta definisi barang lagi ya om
            Ji
      2. 2
        Nyolek, bayar!
        Perhiasan mutiara asli
        1. 1
          Halaaah , Tante @widiyarti ketepar ama om Angga nih … penjual ber-meterai , ….. kilik kilik gosok gosok lampu aladin muncullah om Angga yang kece kayak Sherlock Holmes aah aaah … @walaharkuningan smirk

          .
          .
          NB : ber-meterai = matre
          Avatar cse frame 500 x 500
          1. 2
            Ono opo colak colek kalo gak bayar
            Picmix 2942012 22020
            1. 1
              Naah ini …. sesepuh Bukalapak , yang kata om Iyan @iyanferdian , produk jualannya om Angga berbanding lurus dengan transaksi ,pantesan udah seribuan Juragan Besar , kita patut berguru ama om Angga nih pray
              Avatar cse frame 500 x 500
              1. 2
                Bisa aje nih aaaah. Msh banyak yg lbh ngebut xixixi
                Picmix 2942012 22020
  17. 1
    Beeuuhhh, ngerasa kesindir nih ama postingan om yg mantap ini hehehe. Sbg seller ane masih banyak kekurangan. Banget banget banget. Moga2 kedepannya lebih baik lagi. Nice post om Andre. Thx udh kasi semangat :)
    Logo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar