Pertanyaan pertama kali yang ada dibenak kita
iyalah apa sih SEO ? Apa gunanya SEO ? bagaimana SEO bekerja untuk
kita ? dan banyak lagi segudang pertanyaan tentang apa itu SEO , baiklah
saya akan menjelaskan secara singkat padat dan mudah dimengerti oleh Om
dan Tante yang haus akan ilmu kudu e eh maksudnya ilmu SEO tentunya .
Saya yakin Om dan Tante pasti sudah sering mendengar dan sering pula mencari-cari di internet tentang ilmu SEO, membacanya dari A sampai Z , dan saya yakin pula pasti banyak diantara anda masih puyeng mengartikan apa itu SEO.
.
Nah saya tidak akan menjelaskan apa itu SEO akan tetapi saya akan mengarahkan daya pikir Om dan Tante bagaimana SEO bisa bekerja untuk kita yang pusing mikirin lapak jualan belom laku laku juga.
Lagi pula Bukalapak.com sudah punya SEO yang mantap terkendali , jadi tinggal bagaimana kita sebagai pemilik lapak harus pintar pintar mengisi iklan jualan yang user friendly.
Berikut ini ada beberapa trik SEO ala Bukalapak yang saya sharing khusus untuk Om dan Tante yang Ketje …
.
1) Jualan anda di Bukalapak itu hampir sama dengan sebuah Blog ataupun sebuah Website jadi anda harus berpikir keras bagaimana caranya agar lapak jualan anda bisa sama bagusnya dengan sebuah Blog / Website. Karena SEO mengincar sesuatu yang bagus , baik , mengikuti aturan main search engine , meta tags dan keyword yang user friendly.
.
2) And pasti belum mengerti apa itu robot.txt dan Custom robot tag header, jangan ambil pusing karena Bukalapak.com sudah mempunyai susunan website yang kinclong , maka dari itu belajarlah untuk menyusun judul iklan yang rapih antara 7 sampai dengan 10 kata sesuai dengan nama barang, hanya pakai titik dan koma , jangan pakai tanda petik yang lain ,apalagi huruf besar semua, parah tuh SEO akan susah crawling-nya, dan lapak anda akan ditinggalkan oleh search engine.
.
3) beberapa contoh simple adalah Gambar lapak banner anda haruslah bagus , unik , menarik perhatian pengunjung dan berhubungan dengan topik seluruh iklan produk anda. pada saat sebelum anda upload sebaiknya beri judul gambar tersebut dengan nama lapak anda , contohnya gambar lapak saya Cahayasuksestronik Shopping Online ( Tapi ingat , pada gambar harus tetap mengikuti peraturan admin bukalapak , yaitu NO kontak/alamat/website/YM/id sosmed lainnya. )
.
4) deskripsi iklan bagian atas boleh sama dengan judul plus nama penjual pada alinea pertama ( mesin pencari Google umumnya mencari keyword pada 2 baris pertama isi iklan ), dilanjut dengan spesifikasi , dimensi , berat , bentuk , model , product number, lanjut dengan keterangan cara kirim yang efisien buat buyer plus rayuan maut diskon atau bonus misalnya, bagian akhir lanjutkan dengan edukasi ke buyer cara beli yang ringkas mudah aman dan nyaman.
.
5) Isi iklan produk anda selengkap mungkin ( isi iklan juga berhubungan dengan SEO ) ,kalau bisa pakai bumbu masak yang apik guna menyihir perasaan pengunjung jadi tak terasa mengKLIK BELI tanpa basa basi. ( pernah ada beberapa kali buyer klik beli karena merasa itu harga barang kok murah ya padahal langka ,bahkan sering buyer klik beli tapi barang itu tidak dipakainya. ha ha ha berarti isi iklan saya mampu menyihir buyer tersebut. )
.
6) Semua Isi iklan iklan produk haruslah mampu mengakomodir keinginan calon pembeli, memberikan rasa nyaman dan betah berlama-lama di lapak jualan anda. buatlah agar si pembeli semakin penasaran apa aja sih yang ada di lapak Om dan Tante ? itu berarti semakin banyak spot iklan akan semakin banyak peluang buyer yang klik beli.
.
7) Gambar produk haruslah mempunyai judul nama barang sebelum anda save di hardisk, lalu bisa di upload gambar produk ke lapak jualan anda, karena system pencari ( search engine ) juga bisa melacaknya melalui judul gambar produk.
.
Nah semua point-point diatas ini tak lepas dari Search Engine Optimization , yaitu On Page optimization, External Links , back links, backward links dan inbound links, nanti akan kita bahas lebih lanjut kalau ada yang request.
.
Akhir kata tak lupa saya ingin mengingatkan kepada Om dan Tante agar selalu berpedoman dengan teknik internet marketing ( kunci pemasaran internet ) yang simple yaitu 3 T , Trust , Trust and Trust .
Pepatah pebisnis kuno mengatakan : siapa terpercaya dia yang jadi juara, sudahkah anda dipercaya oleh konsumen ? salah satu contoh jawabannya ada dibawah ini :
Nama Pemilik , Badge ( pangkat ) , 100% Feedback , waktu Join , terakhir Login , Tidak pernah menolak pesanan. sangat besar pengaruhnya untuk calon pembeli dalam memilih Good Seller atau trusted seller .
Semoga beberapa tips SEO ala Bukalapak ini bisa menggugah perhatian Om dan Tante agar lebih baik lagi mengelola iklan iklannya untuk menjadi seller yang terpercaya. colak colek juga @ceciliaa yang request trit SEO ini , semoga berkenan ya , salam sukses selalu.
.
.
Andre Winata
Specialist Aksesoris Ponsel jadul
Cahayasuksestronik Shopping Online, Cirebon City
Saya yakin Om dan Tante pasti sudah sering mendengar dan sering pula mencari-cari di internet tentang ilmu SEO, membacanya dari A sampai Z , dan saya yakin pula pasti banyak diantara anda masih puyeng mengartikan apa itu SEO.
.
Nah saya tidak akan menjelaskan apa itu SEO akan tetapi saya akan mengarahkan daya pikir Om dan Tante bagaimana SEO bisa bekerja untuk kita yang pusing mikirin lapak jualan belom laku laku juga.
Lagi pula Bukalapak.com sudah punya SEO yang mantap terkendali , jadi tinggal bagaimana kita sebagai pemilik lapak harus pintar pintar mengisi iklan jualan yang user friendly.
Berikut ini ada beberapa trik SEO ala Bukalapak yang saya sharing khusus untuk Om dan Tante yang Ketje …
.
1) Jualan anda di Bukalapak itu hampir sama dengan sebuah Blog ataupun sebuah Website jadi anda harus berpikir keras bagaimana caranya agar lapak jualan anda bisa sama bagusnya dengan sebuah Blog / Website. Karena SEO mengincar sesuatu yang bagus , baik , mengikuti aturan main search engine , meta tags dan keyword yang user friendly.
.
2) And pasti belum mengerti apa itu robot.txt dan Custom robot tag header, jangan ambil pusing karena Bukalapak.com sudah mempunyai susunan website yang kinclong , maka dari itu belajarlah untuk menyusun judul iklan yang rapih antara 7 sampai dengan 10 kata sesuai dengan nama barang, hanya pakai titik dan koma , jangan pakai tanda petik yang lain ,apalagi huruf besar semua, parah tuh SEO akan susah crawling-nya, dan lapak anda akan ditinggalkan oleh search engine.
.
3) beberapa contoh simple adalah Gambar lapak banner anda haruslah bagus , unik , menarik perhatian pengunjung dan berhubungan dengan topik seluruh iklan produk anda. pada saat sebelum anda upload sebaiknya beri judul gambar tersebut dengan nama lapak anda , contohnya gambar lapak saya Cahayasuksestronik Shopping Online ( Tapi ingat , pada gambar harus tetap mengikuti peraturan admin bukalapak , yaitu NO kontak/alamat/website/YM/id sosmed lainnya. )
.
4) deskripsi iklan bagian atas boleh sama dengan judul plus nama penjual pada alinea pertama ( mesin pencari Google umumnya mencari keyword pada 2 baris pertama isi iklan ), dilanjut dengan spesifikasi , dimensi , berat , bentuk , model , product number, lanjut dengan keterangan cara kirim yang efisien buat buyer plus rayuan maut diskon atau bonus misalnya, bagian akhir lanjutkan dengan edukasi ke buyer cara beli yang ringkas mudah aman dan nyaman.
.
5) Isi iklan produk anda selengkap mungkin ( isi iklan juga berhubungan dengan SEO ) ,kalau bisa pakai bumbu masak yang apik guna menyihir perasaan pengunjung jadi tak terasa mengKLIK BELI tanpa basa basi. ( pernah ada beberapa kali buyer klik beli karena merasa itu harga barang kok murah ya padahal langka ,bahkan sering buyer klik beli tapi barang itu tidak dipakainya. ha ha ha berarti isi iklan saya mampu menyihir buyer tersebut. )
.
6) Semua Isi iklan iklan produk haruslah mampu mengakomodir keinginan calon pembeli, memberikan rasa nyaman dan betah berlama-lama di lapak jualan anda. buatlah agar si pembeli semakin penasaran apa aja sih yang ada di lapak Om dan Tante ? itu berarti semakin banyak spot iklan akan semakin banyak peluang buyer yang klik beli.
.
7) Gambar produk haruslah mempunyai judul nama barang sebelum anda save di hardisk, lalu bisa di upload gambar produk ke lapak jualan anda, karena system pencari ( search engine ) juga bisa melacaknya melalui judul gambar produk.
.
Nah semua point-point diatas ini tak lepas dari Search Engine Optimization , yaitu On Page optimization, External Links , back links, backward links dan inbound links, nanti akan kita bahas lebih lanjut kalau ada yang request.
.
Akhir kata tak lupa saya ingin mengingatkan kepada Om dan Tante agar selalu berpedoman dengan teknik internet marketing ( kunci pemasaran internet ) yang simple yaitu 3 T , Trust , Trust and Trust .
Pepatah pebisnis kuno mengatakan : siapa terpercaya dia yang jadi juara, sudahkah anda dipercaya oleh konsumen ? salah satu contoh jawabannya ada dibawah ini :
Nama Pemilik , Badge ( pangkat ) , 100% Feedback , waktu Join , terakhir Login , Tidak pernah menolak pesanan. sangat besar pengaruhnya untuk calon pembeli dalam memilih Good Seller atau trusted seller .
Semoga beberapa tips SEO ala Bukalapak ini bisa menggugah perhatian Om dan Tante agar lebih baik lagi mengelola iklan iklannya untuk menjadi seller yang terpercaya. colak colek juga @ceciliaa yang request trit SEO ini , semoga berkenan ya , salam sukses selalu.
.
.
Andre Winata
Specialist Aksesoris Ponsel jadul
Cahayasuksestronik Shopping Online, Cirebon City
colek om Jo @ombotak yang lagi pusing mikirin trit lanjutan part 2 ,
colek om @jndot88 yang lagi sibuk ngelayanin pembeli di toko-nya.
colek om @fahrurahmad yang lagi mondar mandir sibuk ngebantu acara kopdar.
colek om @jeepban yang super sibuk , menyiapkan acara kopdar BALI.
colek om Grando @gransca_comtech yang lagi asyik nungguin orderan bakalan banyak hari ini ,
colek om @javabatika yang asyik melipat-lipat baju batiknya sambil ketawa ketiwi ngeliat foto selfie-nya di Monas.
colek tante @ceciliaa yang lagi sibuk dikantor, nungguin requestnya udah muncul belom yaa ?
colek om @goldenhope yang lagi asyik ngeTUIT terus, sambil ngeTrek di Merapi.
colek om @iyanferdian yang lagi sibuk ngangkut kaos ama sticker sekarung buat dibagikan ke Bali.
colek om Angga @walaharkuningan , yang lagi asyik memantau sambil ngupi dan ngudut lisong butut.
colek om Gianto @gianto ,yang lagi senyum senyum abis ngoprek motor gede-nya
colek juga tante Mega @tasulangtahun , yang lagi asyik ngebungkusin orderan segunung di Apartemen-nya.
Beberapa yang diatas ini wajib dilakukan untuk mendorong pageview lapak jualan kita .
Suatu kehormatan di colek forum asik ini. Tp sayang colek gak bayar.
Btw, busway, bisa maksimalin lg gunain fiture" google spt
G+, dll
Salah banyak (bukan satu lg) google ambil sumber cari dari fitur" nya.
Sosmed jg, semakin banyak lapak beredar d sosmed (dunmay) semakin gampang google cari.
itukatatukangngudutngupingintip
Apa sih yang gak super dari Om Suhu satu ini ? selalu superrrr….
cobain dulu ah renovasi lapak, sekalian +1 dulu :D