Jumat, 19 September 2014

Kemasan yang Baik, Kokoh dan Kuat Menambah Kepercayaan Pembeli - Cahayasuksestronik shopping online

Banyak seller yang belum tahu bahwa mengemas dus kiriman yang baik kokoh dan kuat menambah kepercayaan pembeli , yang ujung-ujungnya bisa repeat order , bahkan bisa jadi bisik-bisik tetangga antar buyer yang satu ke buyer yang lain agar membeli produk dilapak kita.

Saya kurang tahu mungkin ada sebagian Om dan Tante seller lain yang sudah menerapkan system kemasan dus kiriman yang lebih baik dari saya , akan tetapi tidak ada salahnya kita berbagi pengalaman untuk yang lainnya yaa smiley

berikut ini beberapa step by step cara membuat kemasan dus kiriman yang isinya barang mudah pecah atau retak , misalnya casing handphone , LCD dan mungkin spareparts smartphone yang rentan rusak dalam pengiriman .

1) Siapkan Print Nota Faktur , lembaran Tujuan Pengiriman , lembaran Si Pengirim. Hal ini berguna buat kita sebagai seller, bisa jadi si buyer akan menuliskan pengalamannya berbelanja dengan memuaskan di kolom feedback.



.
.
2) Potong-potong lembaran kardus rokok ( kardus tebal ) , sebelumnya bisa anda patrun terlebih dahulu sesuaikan dengan ukuran yang ingin digunakan. kalau saya selalu mengirim barang ukuran berapapun kecilnya pakai ukuran kardus ini sekitar antara panjang 12 cm atau 15 cm sesuai dengan print alamat tujuan yang saya buat sebelumnya. Mengapa demikian ? karena khusus untuk kiriman ke expedisi Jne atau cargo lainnya sekecil apapun produk tetap dihitung 1 kg , ya kan?

Awalnya seperti ini …


.


Lalu dikecilkan seperti ini….

.
.
3) Kalau semua potongan disatukan jadi kelihatan seperti ini .

.
.
4) Setelah itu sebelum barang kiriman masuk dus dikemas dulu seperti pada gambar ini , kebetulan saya akan kirim sebuah travel charger jadul ke seorang pelanggan, saya sudah siapkan kemasan plastik yang menarik agar pelanggan tahu bahwa barang yang dijual adalah baru. Usahakan jangan pakai kantong plastik biasa, karena bisa jadi gimana kesannya gitu loh grin

masukkan nota faktur plus KARTU NAMA dan Sticker Bukalapak ( kalau ada ) kedalam kemasan plastik.

.
.
5) Rata rata sebagian besar produk yang saya jual pastinya rentan dengan kerusakan pecah atau retak , karena itu dikemasan dus saya selalu menggambar gelas pecah dan tambahan tulisan berupa “ Mohon Jangan di Banting dan atau Mohon Jangan di Tekan” , hal ini secara psikologis akan cukup membantu mengingatkan petugas kurir agar selalu berhati-hati terhadap apa yang dibawanya. Kalau tidak ada tulisan peringatan , maka jangan heran kalau dus kiriman anda bakalan penyok sesampainya di alamat tujuan dan si buyer akhirnya ngomel2 di kolom feedback , dia bilang … payah nih seller-nya kalo kirim barang kok dusnya penyak penyok !!!


.
.
6) Dan yang terakhir … biasakanlah agar selalu mengutamakan kepuasan pelanggan, sebab bagaimanapun caci maki pelanggan yang POSITIVE sangat berharga buat kita sebagai seller agar bisa survive didunia perdagangan online.

Saya gak peduli … kemanapun saya kirim barang , selalu saya tuliskan miring di depan kemasan dus “ TOP URGENT !!! ” , biar si petugas kurir tahu kalau yang kita kirim ini benar benar sangat penting buat si penerima barang , saya dapet bisikan dari Seller Senior bahwa hal ini bisa membawa dampak positive barang cepat dikirim dalam 1 hari walaupun pakai paket JNE OKE/Murah ( saya sering mengalami hal ini kalau kirim khusus ke Jakarta pakai yang murah/paket oke ternyata benar bisa 1 hari sampai ), pada akhirnya pembeli puas dan merasa bahwa pesanan dia sangat diperhatikan oleh penjual.


.
.
Nah begitulah … dahulu kala berawal dari bisik-bisik tetangga si Seller Senior tersebut kepada temannya dan saya praktekkan sejak tahun 2010 ( dulu saya selalu pinjam ngePRINT di toko teman ) tapi sekarang berkat dagangan laku di Bukalapak akhirnya saya bisa beli printer sendiri , gak perlu pinjem2 lagi deh.
Terus dapet feedback positive dari buyer seperti ini …..


.
postingan ini juga ada hubungannya dengan trit saya disini : Sudah amankah paket kiriman anda ?
.


Salam sukses selalu.
Andre Winata
Cahayasuksestronik Shopping Online, Cirebon City



baca juga postingan saya yang lain disini :







  1. 7
    vote++ dulu om..
    kebetulan dari dulu sudah saya terapkan seperti ini&hasilnya mak nyuss banget
    24jam
    1. 2
      wah mantapz nih packaging-nya om @jndot88 thumbsup
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 3
        Biar agak sedikit lebih manteb,,aku manfaat'in aja fitur cetak transaksi dari sistem BL om,.hehehe,.dengan adanya logo BL pembeli mungkin sedikit agak senang,hihihi
        24jam
      2. 3
        Pernah juga packing dobel-dobel ,,
        Critanya aku kan kirim casing om,
        Hrganya memang nggak seberapa,.
        Aku kasih UUD(undang-undang dagang) di dlm kasing,trus bungkus plastik flip+lapis plastik bubble 2x,masuk packing kardus mini tebal 1cm,lapisi plastik lagi,trus aku potong kayu(papan cor) buat memperkuat packing yg tadi udh jadi,trus aku bungkus kardus lagi,trakhir aku lilit smua pakai lakbaN,.ehh paket stlh di terima aku masih kena semprot (-)bla bla bla xxx..
        Aku packing seperti itu, takute barang pecah om,soalnya udah last stock+langka,.
        24jam
    2. 2
      Mantap om Jndot thumbsup
      Logo 60x60 boxes for bukalapak
      1. 4
        Rencana Mau request ke tim BL,,biar desain cetak transaksi di percantik sedikit..skalian mau kasih beberapa sample desain made in dewek ,,hehehe dengan tujuan biar dipertimbangkan oleh tim BL..
        Hayoo om @gransca_comtech setiap kirim selalu memanfaatkan menu cetak transaksi apa nggak nih,,hehehe.
        Dengan ada nya menu cetak transaksi sangat membantu sekali ya om,.tinggal klik+print+potong deh,.hehe
        24jam
        1. 2
          Sampai saat ini saya belum memanfaatkan design itu om, bukan apa apa hanya ukuran paket saya rata rata kecil jadi design itu tidak muat, kalau dipaksakan kurang pas di ukuran paketnya..jadi ya pakai design sendiri dulu…tuh udah ada contohnya kan di trit om Andre yang satunya lagi mengenai packing… smiley
          Logo 60x60 boxes for bukalapak
          1. 3
            Kan bisa print di buat ukuran kecil om,.hehehe
            24jam
            1. 1
              tapi tulisannya jadi ikut kecil, saya tetap bikin sendiri , ngePrint desain sendiri disesuaikan dengan kotak kardus kiriman. Soale kalo tulisan kecil gak kebaca , jaman sekarang kurir JNE udah pake kacamata minus ,kalo kacamatanya ketinggalan dia gak bisa baca …. hua hahahahaaaaa. smile
              Avatar cse frame 500 x 500
              1. 3
                Hahaaha,,bisa aja om andre,..ntr kalo ada kurir jne yg baca trit ini dia ngambek loh om,.hehehe
                24jam
                1. 2
                  Ya om jndot, saya setuju dengan Om Andre, bukan apa apa, tapi pengalaman banyak kali paket dikembalikan ke saya karena ukuran tulisan yang kecil atau misal pakai tulisan tangan, sehingga alamat tujuan tidak terbaca. Itu sebabnya di label paket saya, untuk data data penerima semua saya ketik pakai huruf capital / besar, kalaupun stok label lagi habis dan printer ngadat, terpaksa tulis tangan, ditulis agak besar dan huruf capital juga semua.
                  Padahal harusnya kurir JNE / TIKI, bisa lebih kreatif ya dengan menghubungi no telp penerima paket yang dicantumkan di label, cuma ya itu kadang saking mereka semangat antar paket, gak sempat lagi buat tlp / sms penerima paketnya, hehehe….
                  Logo 60x60 boxes for bukalapak
  2. 5
    Buat yang mau pesan karton box, boleh mampir ke sini http://www.kartonbox.co.id/id
    saya sudah pernah pesan sekali 200 pcs yang single layer, dan design mereka cukup oke, waktu pengiriman cepat, harga masuk akal.
    Di webnya kita bisa merequest ukuran dan tipe box yang diinginkan, nanti mereka akan memberi penawaran harga (tampilan kanan di webnya) kalau baru masuk.
    *colek om @in_finity
    Kalau mau yang gratisan, bisa coba ke indomaret atau alfamart trus minta ke petugas/stafnya box karton / kardus bekas produk jualan mereka, yang biasanya cuma ditumpuk di pojokan. Kualitasnya rata rata bagus. Atau kalau sering belanja di supermarket misal giaxxt, hypermxxt, carrefxxr, ramayxxa, dlsbg, pas mau bungkus belanjaan minta dipacking kardus saja jangan pakai plastik, dikasih kok, rata rata kardusnya juga kualitas bagus. Kalau dapat ukuran besar, bisa kita potong potong lagi seperti triknya om Andre dengan kardus rokok.
    Logo 60x60 boxes for bukalapak
    1. 3
      thx infonya om, mau coba saran untuk beli didekat kantor dulu om, seingat saya dus-dus disitu pada masih gress semua, kalau kemahalan baru “shopping” di indomaret terdekat :D
      04
      1. 3
        Sama sama om, jangan lupa nanti dishare ya hasil packingnya smile
        Logo 60x60 boxes for bukalapak
  3. 5
    Sippp om, mantap postingannya. Iya om sama sy juga pakai kardus klo kirim brg. Beli dr toko grosir sembako dus2 bekas, trus dibentuk pas mau di packing. Sempat kepikiran buat bikin aja ke percetakan. Tp ga akan efektif karena bentuk2 brg dagangan sy variatif. Besarnya beda2. Butuh bentuk2 tersendiri untuk packingnya. Jd tiap brg dipacking berbeda2 bentuknya. Sebagian pakai dus2 bekas kemasan makanan/ barang. Dus favorit y sih yg single wall. Soalnya lbh ringan & ga terlalu banyak nambah berat ke paket. Asal kita ngebentuk dusnya dgn benar bakalan kokoh & kuat. Cuman satu fitur dr BL yg blm sy aplikasiin dr postingan di atas. Sy blm pakai fitur print alamat. Masi ditulis tangan aja hehe. Soalnya di toko blm ada kompie. Kompienya di rumah. Ribet klo harus print dulu ke rumah. Soalnya order masuk bisa sampe malem. Mungkin kedepannya akan dibenahi bagian ini
    Logo
    1. 4
      Logo
      1. 3
        Naaah , next time kudu pake printing om @keemool , agar kelihatan representative terkesan lapak kita semakin profesional , ramah dan responsif terhadap apa yang diinginkan pembeli.thumbsup
        Avatar cse frame 500 x 500
        1. 2
          kardus bekas yang dipakai buat bungkus orderan akan lebih keren deh klo kardusya bag dalam (sisi dalam kardus) sehingga klihtan rapi.
          Baju batik pria bp71033c
          1. 2
            Betul om, klo dus2 kemasan sembako ato brg2 lainnya yg gada hubungannya ama brg yg sy jual pasti sy balikin. Tp sebaliknya klo itu sangat berkaitan dgn brg yg sy jual malah sy tonjolin hehe
            Logo
            1. 1
              Packaging punya om @keemool benar benar mantaapz nih bungkusannya kerep bingitz tahan disegala cuaca hahahaaaa thumbsup
              Avatar cse frame 500 x 500
          2. 1
            Kalau saya sih memang selalu membuat kotak kemasan dus kiriman barang , dari kardus rokok tebal dalam posisi dibalik ,apakah itu sudah benar om @ridjaya ? mohon pencerahannya ya , salam kenal om … pray
            Avatar cse frame 500 x 500
        2. 2
          Sippp om, thx atas masukannya. Sy jg masi belajar ini hehe
          Logo
  4. 4
    Semua juga tahu dus sepeda2 yg branded rata2 5 play kuat dan baik sekali untuk packing2 kirim online…. Alhamdulillah saya gak perlu modal tambahan untuk packing2 orderan saya…..

    Kalo ada temen2 yg membutuh kan siap saya bantu… mampir aja ke toko saya jual kilo-an aja dus dus dari sepeda…. tq
    Majuroyal recommended seller 2
  5. 4
    kalau box packaging aku seperti ini.
    salam kenal dari bintaro

    2014 08 28 172610
    1. 2
      Salam kenal Om Ical, ini baru mantap packagingnya, ada brand sendiri thumbsup thumbsup
      btw itu cetak sendiri apa order om ? bujet kira kira berapa ya ?
      Logo 60x60 boxes for bukalapak
      1. 5
        aku order dari surabaya, untuk pembuatan 4000 box, aku kena biaya 3500 rupiah,
        ukuran 30x20x10cm,
        oh iya ini dusnya double wall, jadi kokoh sekali, disini aku menerapkan strategi marketing seperti ini :
        ketika orang beli, mereka tidak akan menyangka dapat boxnya ternyata buat sendiri.
        rata2 mereka pada kasih testi di facebook, dan mereka upload beserta dengan boxnya.
        nah kebayang kalau kita kirim sebanyak itu, ada 10 persen saja yg kasih testi,
        Rp.3500 harga box tadi, menjadi tidak ada artinya lagi, karena entah orang dari mana-mana melihat upload testi buyer ku, sehingga ikutan beli juga.
        aku udah keliling daerah jakarta dan bekasi, mereka gak bisa kasih harga segitu, rata2 di harga 5000 perak, dan dengan min order yg sama.
        2014 08 28 172610
        1. 2
          Gan..boleh tau nama perusahaan yg bikin boxnya..no contactnya sekalian.. Minggu depan ane ke surabya..makasih banyak
          Budha
        2. 2
          Wah mantap sekali strategi marketingnya, buyer pasti puas karena beyond expectation gak nyangka packingnya sebagus itu, apalagi sudah double layer boxnya, jadi aman dan kokoh sekali, begitu ngasih testi di socmed atau feedback di BL, pasti efeknya luar biasa ke penjualan…Patut ditiru para seller BL nih.
          Sepertinya memang di Surabaya lebih murah ya daripada di Jabodetabek, karena menurut saya untuk ukuran demikian dan double layer harga yang didapat cukup murah, tapi memang sebanding juga dengan jumlah pemesanannya…
          Logo 60x60 boxes for bukalapak
          1. 4
            thank you bro,.. betul sekali, karena aku merasa kok agak sayang aja gitu, kalau jatah kita beli 1kg, di JNE itu kan 30cmx20cmx10cm /6000 = 1 kg
            nah kalau kita kirim dengan box yg kecil dari itu, kan untung di mereka, padahal dikita harusnya vlume box nya di maksimalkan.
            sehingga, aku suka banget ngasih bonus sticker, flyer, yg berhubungan dengan promosi lapak kita. jd buyer merasa dapat perlakuan lebih kalau beli di lapak kita.
            2014 08 28 172610
    2. 1
      Salam kenal om ical, kalau saya pesan 2 diecast kan ukuran kecil tuh, kalau dikirim menggunakan kardus sebesar itu cara taruh barangnya gimana biar ga berantakan dalam pengiriman ?
      Terima Kasih Sebelumnya
      Logo dynamic 60x60
  6. 3
    Mantap trit nya! SANGAT BERMANFAAT! Kalau ada lomba prakarya bikin kardus pasti Om Andre menang nih.
    Om botak
    1. 4
      perlu diadakan lomba packing antar seller ya om Jo?
      Bl heroes
      1. 2
        Setuju! Bisa jadi acara seru pas kopdar Om Iyan.
        Om botak
        1. 1
          Avatar cse frame 500 x 500
      2. 2
        setuju om
        24jam
      3. 2
        Setuju om, foto hasil packingnya tinggal diupload saja ke trit di komunitas :)
        Logo 60x60 boxes for bukalapak
      4. 2
        setuju om, biar kita juga bisa terinspirasi dengan packingan yg lain
        Logo
  7. 3
    rata2 elektronik ya om yang harus packing bagus dan kuat atau barang pecah belah, rata2 pembeli pasti senang kalau semua seller menarapkan standar packing seperti ini
    21
    1. 4
      benar … 4 tahun bukan waktu yang singkat untuk membangun kepercayaan pelanggan , butuh pengorbanan saya sampe pontang panting dulunya cari kardus tebal , tapi sekarang sudah tahu lebih baik pakai kardus rokok tebal lalu kita buat prakarya kayak anak SD , awalnya kardus seperti pada gambar ini …

      lalu di potong-potong dan di rakit kembali sampai bisa mencapai sekitar 12 dus kecil,
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 2
        Harga kardus Rokok berapa Om?
        Om botak
        1. 3
          di toko sembako dekat apartemen saya ( ciaelaah … apartemen nih yeee stuck_out_tongue_winking_eye )
          belinya 4rebu yang ukuran kecil kayak kardus rokok umil , gitu om.
          kalok yang agak besar dan lebih tebal dikit kardus rokok GuRem belinya 5rebu… bisa dibikin sampai 18 dus kecil,
          .
          .
          GuRem = Gudang Garem
          Avatar cse frame 500 x 500
          1. 2
            Mahal juga ya beli kardus rokok. Kalau ke giant atau inomaret ga bisa ngambil dua dobel wall secara gratis?
            Om botak
            1. 2
              Kalo di supermarket gak belanja banyak yaaa … gak bisa om Jo @ombotak , kalo di Jakarta Barat , bisa beli di jalan Pejagalan Raya atau Jalan Jelakeng Pasar Pagi , rata rata harga dus rokok juga gak beda jauh, malahan sekarang udah lebih mahal sekitar 6rb sampai 7rb an. Kecuali kalau borongan sekitar 20 lembar mungkin masih bisa kurang dikit.
              kalo di Jakarta Timur beli di dekat seputaran Pasar Jatinegara.
              kalo di Jakarta Pusat belinya di Tanah Abang Bukit belok kekiri kalo dari depan pasar Tanah Abang yang di jalan kebon jati, atau di pasar Bungur dekat Ps Senen.
              kalo di Jakarta Utara bisa beli di dekat Pasar Ular , area utara Plumpang Semper.
              Avatar cse frame 500 x 500
  8. 3
    Vote pisan ini mah tritnya. Ayo para seller BL yg packingnya masi biasa aja, bikim jadi luar biasa ky Om Andre ini.
    Pasti bissa..!!
    Profil
    1. 1
      kalo kirim baju batik gak perlu pake kardus tebal ‘kan , om @javabatika ?
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 1
        Mnrut sy pake kardus biar gimana merupakan packing paling ideal Om, hnya
        saja kardus packing yg difungsiin sbgai pengaman isi kiriman kurang urgen
        kalo isinya batik.. blush
        Profil
  9. 3
    Saya lebih percaya dan akan repeat order dengan seller yg packingnya bagus. Kesan pertama begitu menggoda om
    Dirman
    1. 3
      Yup benar om .. walaupun saya kirim 1 buah antena handphone yang segede kelingking tetap saja saya bungkus pake kotak dus sebesar 10 cm x 13 cm x 4cm,
      penampilan paket kiriman sangat berpengaruh dan sangat sangat merepresentasikan siapa penjualnyabangbang

      Avatar cse frame 500 x 500
  10. 3
    Kalau barang pecah belah, atau yang rawan terhadap goncangan , sebaiknya di bungkus bubblepack sebelum di pack kardus :)
    Image
    1. 2
      Yup benar om , kalau barang ukuran kecil mudah pecah atau retak masih bisa kita akalin pakai plastik bubble wrap sebelum masuk dus , tapi kalau yang ukuran besar harus ditambah styrofoam dipinggirannya didalam kemasan dus tebal , agar lebih tahan guncangan , saya pernah kirim mini compo HiFi jadul tanpa speaker berat sekitar 9 kg , diganjal styrofoam lumayan cukup aman sampai ke Balikpapan.
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 2
        cakep om
        Image
        1. 1
          beberapa hari yang lalu saya kirim 1 unit perangkap nyamuk venus ke Tangerang , serba salah mau di bikin besar dikit kotak dus-nya ( diganjal banyak busa dan plastik ) ternyata kena hitungan 3 kilogram , padahal cuma beda 2 cm saja hitungan volume-nya Jne , coba deh kalau saya gak buru buru , pasti masih bisa ngukur jadi dikecilkan dikit kotak dusnya agar bisa diukur jadi hitungan volume = 2 kg , lumayan tuh beda 11rebu om , heheheheee…. tapi gak apa apa deh , anggap saja dibesarkan dikit ukuran dus-nya agar lebih aman dalam pengiriman Jne. smiley
          Avatar cse frame 500 x 500
          1. 2
            Itu perangkap nyamuk kok ga nyampe ke rumah saya Om? nyasar ke mana ya?
            Om botak
            1. 1
              Sorry om Jo , kayaknya lewat Bekasi ,jadi gak nyampe ke rumah si om , hihihiiii …
              Avatar cse frame 500 x 500
  11. 2
    2 kata SUPER SEKALI om andre
    704f3ec8c4ed635278ba49e808db287d?s=50&d=https%3a%2f%2fwww.bukalapak.com%2fimages%2fdefault avatar%2fthumb%2fdefault
    1. 1
      terima kasih sudah mampir ya om Rahmad Adi , thumbsup
      Avatar cse frame 500 x 500
  12. 2
    keren om andre, kl sy biasa pk kresek biasa…wkwkwkwk
    yg gambar gelas pecahnya kl pk stiker lbih keren kayanya om
    Quantum pendant.
    1. 1
      Sudah saya coba pake tempelan kertas gambar gelas pecah warna merah kayaknya gak mecing kalo backgroundnya di plakban warna coklat , jadi lebih mencolok kepaksa pake spidol item dah…. biar keliatan rame dan bisa dilihat sama tukang kurirnya.
      Avatar cse frame 500 x 500
  13. 2
    mantab sharenya om Andre +1
    Tarzan
    1. 1
      seep sepp TQ
      Avatar cse frame 500 x 500
  14. 2
    sangatt Om.. mending kita repot dikit tapi user puas. kadang memaksimalkan dimensi supaya ngga kena overcharge dari kurir. tapi safety tetap yg utama
    Geronimo
    1. 2
      Repot dikit = bermodal sedikit untuk mengimplementasikan apa itu Recommended Seller
      Avatar cse frame 500 x 500
  15. 2
    Sangat membantu mas bro, terutama tulisan top urgentnya, ehehhe
    sukses selalu bang.
    Logo
  16. 2
    keren bgt
    bs aku pakai untuk lapak aku :D
    https://www.bukalapak.com/arrichest
    181375
  17. 2
    Yg paling penting user puas. Dan saya selalu menawarkan packing kayu untuk transaksi saya. Buyer saya arahkan dg kesalamatan barang
    Mirro
    1. 1
      Iya tentu saja kalau produk lumayan mahal dan rentan rusak harusnya pakai packing kayu ya om @mirrorless … mantaapz oom grin
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 2
        masalahnya standar packing kayu ini beda-beda tiap agen om, di agen langganan saya biayanya dianggap 2 x berat aslinya, padahal barang jualan saya yang perlu packing kayu rata2 kena volumetrik semua, pasti pada teriak kalau packing kayu. Makanya ini lagi cari2 alternatif supaya jangan packing kayu :)
        04
  18. 2
    Saya sangat setuju,barang dikirim dengan rapi berarti penjual adalah seorang yg rapi dan bertanggung jawab atas kirimaanya.
    F
    1. 1
      Mantaapz , betul … saya ikutan setuju thumbsup
      Avatar cse frame 500 x 500
  19. 2
    Mantabs
    Ji
    1. 2
      Vote buat om @arbezeht , terima kasih sudah mampir di trit ane ya. smiley
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 2
        saya ngirimnya masih pake amplop yg dicetak … belum pake yang kardus2an
        maklum pedagang kecil
        Ji
        1. 2
          hahahahaa om @arbezeht bisaaan aja , karena produk jualan punya si om kecil2 tentunya cukup pakai lipatan karton atau amplop juga bisa , hanya saja sebaiknya pakai juga tempelan printing alamat tujuan dan sipengirim agar terlihat lebih “sophisticated”.
          Avatar cse frame 500 x 500
          1. 2
            bahasa opo maneh iku …
            I did kok suhu … baru alamat pengirimnya :p
            Ji
            1. 1
              Alamat tujuannya juga harus di print tuh om , kalau perlu pakai logo banner diatas lembaran tempelan alamat tujuan , biar keliatan kereeeen gitu om @arbezeht smiley
              Avatar cse frame 500 x 500
  20. 2
    Wah , tadi saya klenang klenong ke pekarangannya Mbah Gugel , ternyata dihalaman pertama muncul gambar kemasan dus milik om Grando loh …. gambarnya seperti ini …
    Avatar cse frame 500 x 500
    1. 2
      Baca trit om Andre saya langsung cek TKP…eh bener, halaman pertama hasil pencarian gambar yang muncul foto sampel paket kita berdua om, hihihi…ternyata SEO bukalapak memang luar biasa, pantes banyak transaksi masuk sweat_smile
      Many thanks ya Om Andre buat tritnya thumbsup
      Logo 60x60 boxes for bukalapak
      1. 3
        asyikkkkk SEO nya Komunitas manjurrrr nihh
        Bl heroes
        1. 2
          Dua jempol buat SEO komunitasnya om Iyan, thumbsup thumbsup smile
          Logo 60x60 boxes for bukalapak
      2. 1
        seeeeep deh sunglasses
        Avatar cse frame 500 x 500
  21. 2
    Kalau saya masih pakai bubble om, full keliling 2x, soalnya cari kardus bekas agak susah, kepikiran buat beli kertas dusnya (double corrugated kalau ga salah), masih cari2 suppliernya sih, thx sharingnya om, jadi semangat cari suppliernya ^_
    04
    1. 3
      Ada indomaret dan alfamart gak om dekat rumah ? kalau ada mampir saja ke situ minta box karton produk produk mereka yang sudah dijual. Biasanya box karton ini cuma ditumpuk di pojokan. Saya biasanya dapat gratisan dari mereka :)
      Kalau mau supplier, saya ada di surabaya, PM saja ke saya om :)
      Logo 60x60 boxes for bukalapak
    2. 2
      Dus rokok saya biasa beli di toko sembako , harganya sekitar antara 4rb s/d 5rb , bisa dibikin sampai sekitar 12 lebih , bisa sampai 15 dus kecil, kadang2 kalau jual baterai cukup pakai lipatan kardus lalu di kemas seperti contoh pada trit ini , gak perlu pakai model kotak tetep elegan dan sedap dipandang mata pelanggan.
      Avatar cse frame 500 x 500
    3. 1
      Lokasi om @in_finity di Jakarta Barat , bisa beli kardus di sekitar Jalan Pejagalan Raya /jl. Jelakeng dekat pasar pagi, sekarang harga dus rokok tebal besar mungkin sekitar 6rb/7rb, klo beli per 10 bisa murah sekitar 5rb-an.
      Avatar cse frame 500 x 500
      1. 2
        sering lewat situ, entar mau coba tanya2 dulu boleh beli sedikit atau tidak, thx infonya om ^_^
        04
        1. 2
          mau beli satu atau banyak juga boleh tentunya, disana banyak yg jual berjejer dipinggir kali ,dibawah jembatan layang dan di Jelakeng.
          Avatar cse frame 500 x 500
          1. 2
            ok om, cuma ga enak juga kalau cuma beli satu hehe
            04
            1. 2
              Lhaa , saya selalu beli satu atau dua , gak pernah banyak … dulu harganya sekitar 3500,kalo sekarang sih kayaknya udah naik sekitar antara 5rb/7rb/10rb dus rokok yang paling besar, harga satuan.
              Avatar cse frame 500 x 500
  22. 1
    Mantapsss… Makasih banget om jndot info packingan nya. Ntar saya terapkan juga seperti itu.. thx.
    Octa pkt mini peninggi badan
  23. [Comment removed by author]
    24jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar